Selamat datang di blog-arv.com

Tips Merawat Rantai Motor

Monday 11 August 20140 komentar

Bagi pengguna motor manual rantai merupakan komponen yang tidak bisa dipisahkan, sebab tanpa adanya komponen itu motor tidak akan bisa jalan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat rantai motor kita agar tetap awet dan nyaman saat di pakai. 

Gunakan pelumas rantai (Khusus)

Pastikan anda menggunakan pelumas rantai yang khusus digunakan untuk melumasi rantai, biasanya pengguna motor tidak terlalu memperhatikan jenis pelumas untuk melumasi rantai motornya, bahkan banyak juga yang menggunakan bekas oli mesin untuk melumasi. Untuk mendapatkan pelumas rantai di pasaran banyak sekali jenis-jenis pelumas, jadi bagi anda yang mencari anda tinggal tanya saja di toko-toko sparepart terdekat rumah anda.

Cek secara rutin kondisi rantai (lakukan penyetelan & bersihkan kotoran)

Selanjutnya selain anda harus menggunakan pelumas rantai khusus anda juga harus rutin untuk mengecek kodisi rantai. Jika sudah kendur maka lakukan penyetelan dengan ukuran penyetelan kira-kira 5 – 25 milimeter. Setelah dilakukan penyetelan pastikan kondisi rantai juga bersih dari kotoran yang menempel.

Pastikan penutup rantai terpasang

Penutup ini berfungsi untuk melindungi rantai dari kotoran atau debu, apabila tutup tidak terpasang dengan baik maka rantai juga tidak akan terlindungi dengan baik. selain itu penutup tersebut merupakan pengaman bagi pengendara agar terhindar dari kecelakaan yang di sebabkan oleh putaran rantai tersebut. Jadi selain pelindung bagi rantai penutup rantai juga berfungsi untuk pengaman bagi pengendaranya.

Gunakan Gear dan Rantai yang Original

Gear dan rantai yang Original pasti harganya lebih mahal dibanding dengan yang abal-abal. Jadi jangan terlalu dipikirkan soal harga, ingat !! keawetan, keselamatan, kenyamanan lebih penting.

Demikian sedikit tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat.

Share this article :
0 Comments
Tweets
Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

 
Copyright © 2012. Blogger Pemula - All Rights Reserved
Modify by danny-arv
Template Created by Creating Website
Powered by Blogger